yii vs zend vs laravel vs codeigniter siapa pemenangnya

Mengenal Framework PHP

Kami mencoba membandingkan diantara framework PHP (YII vs ZEND vs LARAVEL vs CODEIGNITER) mana yang paling populer di Indonesia serta prediksi trend nya ke depan.

Perusahaan web design kami komunigrafik sejak awal berdiri telah memilih PHP sebagai platform utama pengembangan website. Popularitas serta kemudahan mencari tenaga kerja yang menguasai bahasa pemrograman ini menjadi pertimbangan saat itu. Selain memilih bahasa pemrograman, memilih framework yang tepat tentunya juga hal yang penting.

Berikut hasil analisa google mengenai keempat framework di atas.

trend

Grafik di atas diperoleh dari jumlah pencarian yang dilakukan, sehingga dirasa cukup tepat untuk memotret mana framework yang berhasil menggaet hati atau minimal membuat penasaran para programmer di Indonesia. Beberapa temuan yang bisa disimpulkan:

  • Codeigniter masih merajai, tapi jika diperhatikan trendnya terus menerus turun. tampaknya kekhawatiran akan masa depan framework ini mulai dipertanyakan karena lambatnya update.
  • Laravel tampaknya jadi ‘kuda hitam’ nya..  secara pasti menyalip Yii
  • Yii tampaknya tidak banyak peningkatan.. tapi release terbaru Yii 2.0 akhir september kemarin tampaknya cukup menjanjikan, sehingga cukup menarik melihat persaingan ketat Laravel dan Yii
  • Zend? maaf…tampaknya harus siap dikubur jika tidak segera melakukan perubahan

Hal lain yang cukup menarik ialah distribusi trend si masing2 wilayah penghasil programmer (Jawa Barat, Yogyakarta dan Jakarta). Masing2 memiliki preferensi yang berbeda tentang framework yang jadi pilihan, mungkin peran komunitas di masing2 kampus penghasil programmer menjadi penyebabnya.

 

 

Anda punya pendapat lain? silahkan comment



Related Article